Cetak Offset dan Digital Printing

Cetak Online | Brosur | Kartu Nama | Pamflet | Yasin | Bon | Faktur | Hangtag | Tiket | Voucher | Kupon | Offset | Berkualitas

Cetak Stiker Label Makanan Murah

Cetak stiker label makanan murah menjadi keinginan setiap pengusaha makanan dan kuliner. Ya kan yang namanya usaha tentu sudah di hitung biaya pengeluaran dan perkiraan pemasukannya, sehingga modal yang dikeluarkan akan mempengaruhi harga jual. Cetak stiker label makanan atau kemasan cocok untuk branding produk, informasi produk, dan menjadikan makanan yang kita jual lebih memiliki daya tarik. Penjelasan tentang stiker bisa baca di om wiki
Cetak Stiker Label Makanan Murah

Keuntungan mencetak stiker label makanan

Bicara tentang usaha tentu tidak lepas dari untung dan rugi, dan pastinya semua orang yang buka usaha menginginkan keuntungan daripada kerugian. Oke deh kita ulas dikit keuntungan cetak stiker label makanan untuk usaha teman-teman.

  1. Biaya Murah
  2. Tampilan Menarik
  3. Informasi Produk
  4. Memudahkan Repeat order

 Admin cuman sebutin 4 aja, biar ngga terlalu panjang artikelnya, sekarang kita coba jelasin satu-satu deh ya. Tidak ada prioritas urutan, jadi hal-hal tersebut adalah kelebihan dan keuntungan yang didapat jika teman-teman cetak stiker label makanan.
baca juga : Stiker Kemasan Buat Kue atau Cetak Stiker Label Kemasan

1. Biaya Murah

Cetak Stiker Label Makanan Bandung

Diawal disebutkan namanya usaha pasti yang diinginkan adalah keuntungan. Apalagi kalo pakai prinsip modal dikit untung besar, sudah pasti semua pengusaha ingin seperti itu. Kenapa cetak stiker label makanan bisa disebut biaya murah ?. Kita lihat perbandingannya dengan cetak kemasan makanan dalam bentuk plasti yang sudah jadi, seperti bungkus mie misalnya. Mencetak bungkus kemasan memerlukan modal yang sangat besar karena proses pencetakan kemasan tersebut dikerjakan di pabrik, dan tentunya kuantiti yang harus dipenuhinya puluhan sampai ratusan ribu pcs. Lalu bagaimana dengan teman-teman yang baru mrintis usaha, atau teman-teman yang menjalakan usaha dalam skala kecil seperti usaha rumahan, bisa-bisa modal habis hanya buat kemasan aja.
Makanya dengan cetak stiker label makanan, atau cetak stiker label kemasan merupakan solusi mudah dan murah jika dibanding dengan mencetak kemasan di pabrik. Tinggal teman-teman berkonsultasi dengan pihak percetakan, untuk menekan budget biaya cetak stiker label makanan kira-kira apa yang harus dilakukan. Biasaya percetakan yang baik itu selalu memberikan solusi dan alternatif kepada konsumen, dan enak untuk di ajak diskusi.

2. Tampilan Menarik

Ada sebuah tempat makan di Bandung, sangat ramai pengunjung, antrian penuh, apalagi weekend motor mobil berderet parkir memenuhi bahu jalan. Tapi menurut kawan-kawan yang sudah kesana, jika bicara rasa sebenarnya masih kalah dengan tempat makan lain. Cuman entah kenapa, rumah makan tersebut selalu ramai pengunjung. Nah, biasaya kawan-kawan sering bilang kalau dalam istilah bahasa sunda ada yang disebut 'Meunang Rupa', jika di diterjemahkan kurang lebih 'cuman bagus kemasan aja'. Ternyata kalau di pikir-pikir iya juga sih, wong tempatnya strategis, di jalan utama kota Bandung, pusat perkantoran, dan tempatnya sangat rapih, bersih, plus nyaman. Maka orang-orang berduyun-duyun datang ke tempat tersebut.
Sama halnya dengan kita mencetak stiker label makanan, jika kita buat desain dan tampilan semenarik mungkin maka tampilan kemasan akan menjadi lebih menarik konsumen daripada tampilan yang polos biasa aja.
Teman-teman yang pengen produk kemasan makanannya menjadi lebih menarik, boleh dicoba cetak stiker label makanan tapi jangan lupa desain stikernya harus menarik juga. Karena kan bukan hanya bentuk yang menjadi fokus perhatian konsumen, tapi visual desain dari stiker itu sendiri.

3. Informasi Produk

Cetak Stiker Label Makanan Murah

Salah satu hak konsumen adalah diberikan informasi yang benar tentang isi produk. Dan bukan hanya terkait hak kepada konsumen, memberikan informasi produk yang tepat bisa memberikan nilai lebih terhadap sebuah produk. Misal, rasa makanan, komposisi, nilai gizi, atau status kehalalan sebuah produk. Dengan cetak stiker label makanan teman-teman bisa memberikan informasi produk dalam stiker tersebut.

4. Memudahkan Repeat order


Cetak Stiker Label Makanan murah Bandung
Nah, no empat ini yang menjadi favorit para usahawan, yaitu konsumen yang sudah membeli kembali lagi untuk order produk yang sama. Teman-teman tidak mau dong ketika ada konsumen yang sudah membeli produk makanan kita, terus pas mereka mau beli lagi bingung ngordernya kemana ?. Jika teman-teman mencetak stiker label makanan jangan lupa untuk mencantumkan no kontak yang bisa dihubungi, costumer service, sosmed seperti Facebook atau instagram, dan sebagainya.
Biar para pelanggan yang mau repeat order mudah untuk menghubungi, lebih-lebih lagi pada saat pembeli lagi makan produk kita terus ada kawannya yang datang dan melihat kemasan makanan tersebut, jika dia mau pesan tidak perlu cape nyari, cukup kontak no yang tercantum dalam stiker label tersebut.

Cetak Stiker Label Makanan Murah

Kenapa harus murah ?, ya biar harga jual produk yang kita jual tidak menjadi mahal. Salah satu hal yang menyebabkan harga cetak label makanan menjadi mahal adalah kuantiti. Jika kuantiti cetak sedikit maka dapat di pastikan akan menjadi mahal. Karena prinsip cetak offset adalah semakin banyak maka harga semakin murah.
Namun teman-teman tidak perlu khawatir, kini dengan teknologi digital printing mencetak stiker label makanan murah bisa menjadi semakin mudah. Kualitas cetak digital menyamai hasil cetak offset. Jadinya mencetak stiker tidak harus ngejar minimal order mesin cetak offset.
Kalau teman-teman mau membuat stiker dengan bentuk khusus pun kini tidak lagi harus cetak dengan kuantiti banyak, sebab dengan bantuan mesin cutting stiker, memotong stiker dengan bentuk khusus bisa dikerjakan tanpa harus cetak ribuan.
Meskipun dengan embel-embel murah, teman-teman jangan berharap harga yang lebih murah jika membandingkan dengan cetak offset. Semurah-murahnya cetak mesin digital tetap akan lebih murah dengan mencetak menggunakan mesin offset.
Solusi terakhir jika teman-teman benar-benar mau menekan biaya produksi stiker label agar semakin murah, maka harus mencetak dengan menggunakan mesin offset. Dan syarat untuk mendapatkan harga murah harus terpenuhi, diantaranya :

  1. Kuantiti Harus Banyak
  2. Tinta maksimal 2 Warna (1 warna lebih murah lagi)
  3. Bentuk standar aja (kotak atau persegi)
  4. Desain 2 warna, sebaiknya tanpa border jika ingin rapi
  5. Tidak perlu dilaminasi
  6. Bahan stiker kromo, atau stiker bontak
6 Hal diatas merupakan point-point yang mempengaruhi biaya cetak offset, apakah itu stiker maupun cetakan lainnya seperti cetak brosur, poster, dan lainnya. Biar jelas kita jabarin dulu alasan dari ke enam point tadi.

1. Kuantiti Harus Banyak

Sudah menjadi standar percetakan, jika menggunakan mesin cetak offset maka pihak percetakan akan nanya 'kuantitinya berapa banyak?'. Maksudnya agar mereka bisa menghitung kira-kira jumlah ordernya bisa memenuhi kapasitas minimal produksi atau tidak. Karena jika kuantiti cetaknya tidak masuk dalam batas minimal mesin offset maka dapat dipastikan harganya menjadi sangat mahal. Jika perhitungan menggunakan mesin cetak offset menjadi mahal otomatis mesin yang digunakan adalah mesin digital printing.
Keuntungan mencetak menggunakan mesin offset adalah biaya produksi menjadi semakin murah jika kuantiti cetaknya semakin banyak. Makanya teman-teman yang pengen cetak stiker label makanan murah, harus mencetak dalam jumlah banyak.
Oh, ya. Banyak atau sedikitnya bukan dihitung langsung jumlah angkanya berapa banyak, tapi dilihat dari ukuran dan kuantiti cetak. Misal begini, cetak 1000 pcs ukuran 5 x 5 cm itu jumlahnya sedikit jika dibandingkan dengan cetak 200 lembar ukuran 45 x 31 cm.
Sering banyak konsumen yang keukeuh mau cetak banyak misal 2000 pcs, pas ditanya ukurannya rupanya sangat kecil, sehingga jika hitung kedalam area mesin cetak offset tidak masuk batas minimal produksi.

2. Tinta maksimal 2 Warna (1 warna lebih murah lagi)

Kalau tinta warna hubungannya dengan desain stiker itu sendiri. Karena operator menentukan komposisi warna berdasarkan desain yang akan dicetak. Nah, usahakan desain stiker label tersebut tidak lebih dari 2 warna, malah 1 warna itu lebih baik lagi.

Kenapa tinta cetak berpengaruh kepada harga?

Karena proses pencetakan memakai mesin offset masih menggunakan cara manual, dari mulai pecah warna, pembuatan plat, termasuk mencampur (oplos) warna. Jadi semakin sedikit proses yang dikerjakan maka biayanya akan semakin sedikit. Kalau desainnya full color termasuk 4 warna, maka prosesnya menjadi 4 buah plat, 4 x setting plat, 4 x membersihkan mesin, 4 x naik turun kertas, dan semuanya serba 4. Tapi kalau 1 warna, ya semuanya serba 1 juga.

3. Bentuk standar aja (kotak atau persegi)

Yang ketiga bentuk stiker label makanan tidak perlu dibuat yang aneh-aneh, atau terlalu banyak lekukan, karena hal tersebut mempengaruhi biaya produksi, malahan stiker berbentuk bulat, oval, atau sudut yang tumpul itu termasuk bentuk khusus.. Untuk membuat stiker dengan bentuk khusus ada tahapan yang khusus juga, berbeda dengan stiker berbentuk kotak atau persegi panjang.
Kalau memotong stiker berbentuk kotak atau persegi panjang tidak memerlukan pisau potong khusus, cukup menggunakan mesin potong standar biasa. Sedangkan memotong stiker dengan bentuk-bentuk tertentu maka pihak percetakan harus membuat dulu pisau model yang akan digunakan, dan tentunya biayanya berbeda dibanding memotong dengan pisau standar.

4. Desain 2 warna, sebaiknya tanpa border jika ingin rapi

Kalau di nomer 4 ini masih ada kaitan antara Warna cetak dan Bentuk stiker. Seperti disebutkan diatas warna dan bentuk termasuk bagian yang mempengaruhi biaya cetak. Terus kenapa desainnya tanpa border ?, karena jika memakai border atau bingkai di pinggiran desain otomatis memotong stiker tersebut akan memakai pisau potong khusus supaya hasil potongnya rapi. Karena jika tidak memakai pisau potong khusus maka hasilnya dikhawatirkan tidak rapi, seperti border yang tidak simetris antara kiri dan kanan, atau berbeda ketebalan antara atas bawah.

5. Tidak perlu dilaminasi

Nah bab laminasi sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan juga, tidak mesti dihindari langsung atau tidak selamanya stiker harus dilaminasi pula. Teman-teman lihat dulu stiker yang akan dicetak digunakan untuk apa?, apakah stiker label kemasan, stiker label makanan, stiker label produk, dan jika digunakan untuk stiker label makanan, apakah makanan tersebut masuk kedalam pendingin, atau hanya di simpan diruangan biasa.
Jika makanan yang akan diberi label stiker jenis makanan yang masuk dalam kulkas, maka otomatis stiker yang digunakan harus dilaminasi karena jika tidak dilaminasi bahan dasar stiker yang terbuat dari kertas akan mudah rusak. Tapi jika makanan tersebut hanya disimpan diruangan saja seperti etalase atau rak, maka stiker label makanan tersebut tidak perlu dilaminasi.

6. Bahan stiker kromo, atau stiker bontak

Bahan stiker dipasaran ada bermacam-macam, namun yang paling banyak digunakan untuk label makanan setau admin cuman 2 jenis bahan stiker aja, Stiker berbahan dasar plastik dan Stiker berbahan dasar kertas.
Stiker vinyl termasuk stiker dengan bahan dasar plastik, biasanya dipakai untuk label makanan yang masuk kedalam freezer, stiker untuk motor, stiker helm, bisa juga stiker untuk branding mobil.
Sedangkan stiker kromo dan stiker bontak termasuk kategori stiker yang berbahan dasar kertas. Sehingga penggunaan stiker kromo dan bontak biasanya dipakai untuk stiker label makanan yang tidak masuk kedalam pendingin atau yang tidak bersentuhan dengan benda cair.
Dari sisi harga, bahan vinyl jelas lebih mahal dibanding dengan bahan stiker kromo, makanya jika teman-teman mau mencetak stiker label makanan murah sebaiknya pilih stiker kromo atau stiker bontak.

Percetakan Stiker Label Makanan Murah

Mencari percetakan stiker yang berkualitas memang harapan para konsumen. Hasil cetak yang bagus, daya rekat yang baik, dan pelayanan yang memuaskan selalu menjadi prioritas pilihan konsumen. Beranjak dari hal tersebutlah percetakan Raja Setting berusaha memberikan layanan percetakan terbaik bagi para pelanggan. Teman-teman yang mau bikin cetak stiker label makanan murah, mau datang langsung ke alamat Raja Setting di Jl. Babakan H. Tamim No. 27 atau mau order cetak online pun kita layani.
Di Raja Setting setting sebelum proses cetak biasa kita berkoordinasi terlebih dahulu perihal order cetaknya, dari mulai desain, ukuran, bentuk, komposisi, dan kita berikan solusi untuk mendapatkan harga terbaik bagi pelanggan.
Teman-teman yang mau ngorder atau perlu informasi lainnya silahkan kontak kami di :
SMS/Tlp : 0812 1416 5774Whatsapp : 0815 7260 6669Line : Rjsetting
Latest
Previous
Next Post »