Percetakan Tiket, Voucher, Brosur, Nota, Cetak Offset dan Digital Printing

Cetak Online | Brosur | Kartu Nama | Pamflet | Yasin | Bon | Faktur | Hangtag | Tiket | Voucher | Kupon | Offset | Berkualitas

Cetak Stiker Murah

cetak-stiker-murah


Memilih Cetak Stiker Murah

Kawan-kawan yang sedang merintis usaha terutama produk-produk didalam kemasan, seperti makanan, minuman, liquid, produk kecantikan dan lain-lainnya. Selalu terbentur antara keinginan memberikan label pada kemasan dengan budget yang tersedia.
Modal untuk cetak kemasan dengan desain khusus, di cetak langsung di plastik memerlukan dana yang tidak sedikit. Kenapa ? Karena untuk mencetak kemasan tersebut menggunakan mesin besar khusus untuk produksi masal, dengan kuantiti yang tidak sedikit. Otomatis, biaya yang dikeluarkan menjadi sangat besar, padahal kebutuhan kemasannya sendiri belum mencapai puluhan/ratusan ribu.
Untuk mensiasati pengeluaran biaya kemasan, mending membeli kemasan polos. Sedangkan logo, nama produk, dan lainnya solusinya dengan cetak stiker murah.

Cara Cetak Stiker Murah

Kalau bicara cara mencetak stiker murah setidaknya ada 4 faktor yang mempengaruhi biaya produksi, yaitu :

  • Desain
  • Bahan
  • Cetak
  • Finishing
Keempat hal diatas berpengaruh pada biaya produksi, jadi untuk mensiasati biaya cetak stiker ya tidak jauh dari mengurangi faktor-faktor tersebut.

1. Desain Full Color atau Black and White (1 Warna)

Warna dalam desain sangat berpengaruh dalam proses cetak mencetak. Terutama mencetak dengan menggunakan mesin offset. Karena proses cetak menggunakan mesin offset tahapan cetaknya dikerjakan dengan manual. Dari mulai proses pemindahan desain menjadi plat cetak, sampai proses pencampuran warna pun dikerjakan dengan manual. Sebagai gambaran saja, desain dengan konsep full color, untuk pembuatan platnya menggunakan 4 warna dasar, yaitu Cyan Magenta Yellow Black (CMYK). Sedangkan konsep desain Black and White hanya menggunakan 1 warna saja, yaitu Black. Kalau lah misalkan 1 plat senilai 100 ribu, berarti harga 4 plat jauh lebih mahal dibanding 1 plat.

2. Bahan yang digunakan

Bahan merupakan faktor yang cukup berperan besar dalam proses cetak mencetak. Aneka macam bahan yang beredar, dari mulai produksi pabrikan lokal sampai bahan-bahan yang di import dari luar negeri. Harga variatif sesuai dengan jenis bahannya.
Untuk stiker sendiri, bahan yang umum paling banyak digunakan adalah stiker vinyl dan stiker kromo. Dari sisi harga, stiker vinyl jelas lebih mahal dari stiker kromo, tapi untuk daya tahan sobek, atau rusak terkena air, stiker vinyl lebih bagus dibanding dengan stiker kromo.
Nah, untuk mensiasati harga produksi agar biaya tidak membengkak karena bahan, sebaiknya sesuaikan keperluan cetak stikernya diperuntukan untuk apa. Misal, produk makanan yang disimpan dalam freezer, seperti susu kefir, sosis beku, dan sejenisnya. Penggunaan stiker dengan bahan vinyl lebih baik daripada kromo, karena vinyl berbahan dasar plastik sedangkan kromo berbahan dasar kertas. Jadi produk yang biasa disimpan ditempat kering (misal keripik, makaroni, dll) tidak perlu menggunakan stiker vinyl, tapi cukup dengan stiker kromo saja.

3. Cetak

Maksud cetak disini adalah prosesnya menggunakan mesin apa?. Pakai cetak offset atau cetak digital. Untuk proses cetak sendiri kembali ke kebutuhan stikernya sendiri. Berapa banyak yang diperlukannya?. Kalau memang produksinya sudah sangat banyak, maka disarankan menggunakan cetak offset. Kenapa ?, karena cetak dengan menggunakan mesin offset, kuantiti banyak berarti harga murah, kuantiti sedikit berarti harga mahal.
Nah, untuk kuantiti cetak sebaiknya menggunakan cetak digital, meskipun harganya flat banyak atau pun sedikit, tapi dijamin harga cetak offset untuk kuantiti sedikit bakal lebih mahal jika dibandingkan cetak digital.

4. Finishing

Finishing merupakan bagian tahap akhir dari proses cetak. Misalnya bentuk stiker bulat, stiker oval, atau stiker dengan laminasi gloss, dan sejenisnya, itu merupakan bagian dari Finishing.
Semakin banyak finishing yang diinginkan otomatis harga stiker akan semakin membengkak. Jadi untuk menekan harga agar bisa cetak stiker murah, sebaikanya finishing dibuat sesederhana mungkin. Sebagai contoh, bentuk kotak atau persegi, tanpa laminasi, selain lebih murah proses pengerjaanya pun jadi lebih cepat dibanding dengan stiker bulat, dengan laminasi.

Previous
Next Post »